Kamis, 07 Juni 2018

Efek Makanan dan Minuman Manis Pada Burung Kolibri

raja ninja - Burung Kolobri merupakan salah satu jenis burung ocehan yang saat ini sedang digemari oleh para pecinta burung ocehan. Apabila anda hendak memelihara burung mungil berpenampilan cantik ini hendaklah memahami apa saja jenis pakan yang bagus ketika kita berikan ke burung kesayangan kita.

Dengan begitu, burung akan tetap pada performa yang baik dan tetap sehat selalu. Untuk itu kita perlu memahami dampak / efek makanan dan minuman manis pada Burung Kolibri,sehinga kita akan pas dalam meracik pakan Kolibri. Ok, langsung saja kita kepenjelasan tiap jenis racikan pakan berikut ini:

MADU

Menimbulkan efek fighter dan menghangatkan tubuh, tapi madu juga mempunyai efek negatif, bila terlalu sering mengkonsumsi madu tanpa diberi variasi madu dapat menimbulkan kebotakan kepala, mengkonsumsi madu secara berlebihan juga akan menimbulkan efek galak emosi karena efek madu adalah panas.

SUSU

Membuat kondisi menjadi bugar dan mengkilapkan bulu, efek negatif: terlalu sering mengkonsumsi susu tanpa diberi variasi berakibat gemuk akhirnya jadi malas bunyi, kegemukan dapat menimbulkan keluarnya benjolan timbunan lemak, bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

AIR GULA/SIRUP

Mempunyai kandungan energi, tapi kalau hanya mengkonsumsi air gula tanpa diberi variasi madu dan susu lama kelamaan akan menjadi kurus dan lemas akibat kekurangan asupan gizi seperti lemak dsb. Bila hal ini dibiarkarkan berlanjut tanpa diberikan variasi makanan dapat menyebabkan kematian.

KROTO

Menimbulkan efek gacor, Pemberian kroto harus diberikan tiap hari, sebab kroto adalah sebagai dasar makanan yang berserat bagi burung, dampak negatif bila tidak rutin mengkonsumsi kroto burung akan malas berkicau, kotoran hanya encer air dan lama kelamaan akan lemas dan mati.

Dengan ke 4 makanan diatas ini bila diberikan secara kontinyu maka burung sudah dapat bertahan hidup, tapi ingat penjemuran dan perawatan yang baik juga harus kontinyu.Ke empat makanan ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi burung walaupun tanpa diberikan pakan tambahan seperti : Buah, Fur, Jangkrik, Ulat kandang, Ulat Hongkong dsb...Kolibri Raja sudah dapat bertahan hidup dan berkicau menghibur kita.

BUAH

Sawo, pisang, tomat, pepaya, jeruk: Sejauh ini tidak ada efek negatif. Khusus buah sawo, jeruk bayi/jeruk sankis/jeruk santang bisa membuat Kolibri lebih rajin bunyi.

Ulat Hongkong

Ulat Kandang bisa memberi efek spontan lebih agresif dalam bertempur/fighter karena ulat bersifat menimbulkan panas untuk tubuh burung, Efek negatif dapat membuat burung rontok bulu/mabung, susah buang air besar/terganggu pencernaannya, atau bisa juga menimbulkan benjolan benjolan di kepala di sekitar mata dll. Bagi yang suka lomba dapat menggunakan Ulat apabila disaat mau lomba dirasa kurang greeng/kurang semangat dan dosisnya harus tepat. (Ulat Hongkong, Ulat Kandang tidak untuk konsumsi harian burung Konin).

Laba - laba

Efek positifnya dapat meningkatkan agresif dalam bertempur/fighter, efeknya hampir sama dengan pemberian Ulat Hongkong/Ulat Kandang bahkan ini lebih dasyat, tapi awas efek negatif juga dasyat:

  • Jadi tidak suka makan kroto.
  • Mati mendadak bila sampai over dosis.

Bagi yang suka lomba bisa menggunakan laba laba di saat akan lomba burung kurang tempur dll... Tapi dosis pemberiannya haruslah sangat tepat! Karena pemberian laba laba efeknya negatifnya sangat berbahaya!

Voer / Pur / Fur

Sejauh ini pengamatan ane tidak ada pengaruh positifnya, tapi pengaruh negatifnya ada yaitu: susah buang air besar dan pada akhirnya menimbulkan sakit, pemberian fur boleh saja sebagai pakan tambahan, tapi tetap harus diberi kroto tiap harinya.

by ASP

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Efek Makanan dan Minuman Manis Pada Burung Kolibri

0 komentar:

Posting Komentar