Jumat, 23 November 2018

Membedakan Ikan Cichlid Jenis Cyphotilapia Frontosa

termahal - Jenis ikan Cyphotilapia Frontosa yang termasuk salah satu jenis Cichlid yang eksotik, jenis ikan ini banyak di sukai karna bentuk dan teksturnya yang unik dan memiliki daya tarik tersndiri.

Sehingga mungkin kita sering kebingunggan, bagaimana membedakan tiap jenis dari ikan ini, dikarenakan dari bentuk yang tidaklah banyak perbedaannya/ hampir sama.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa ikan yang piure blood itu sering menjadi salah satu pertanyaan, banyak beberapa peternak dan pehobis yang menyilangkan satu jenis dengan jenis yang lain, Ada banyak faktor tentunya, ada yang di karenakan penasaran akan hasil dari hybrid tersebut, tentunya akan melahirkan jenis baru yang sering ditambahin dgn simbol SP (spesies) jika spesies baru ini terdata mungkin tidak akan jadi masalah, yang jadi masalah adalah spesies yang lpas dari pendataan, sehingga beredar lah ikan yang tidak jelas jenisnya, sehingga mungkin banyak kejadian seseorang membeli ikan yang kebingunggan dari jenis ikan yang diluar dari spesies asli, sehingga menjadi hal penting untuk mempertanyakan blood line atau piure blood dari ikan ini. Karna akan menentukan jenis dan spesiess dari ikan itu sendiri

Baiklah, dari beberapa poin permasalahan tersebut, saya dengan segala keterbatasan ilmu mencoba mengulas tentang cara membedakan jenis frontosa.

Dapat di bayangkan jija kita membeli barang yang kita tidak tau jenis apa yang kita beli, dan tentunya tiap jenis tersebut berhubungan dengan harga. Dimisalkan
Seseorang bisa saja menjual ikan jenis A sementara kualitas dari seri B atau sebaliknya, ya di karenakan bentuk dari spesies yang sulit untuk di bedakan.

Cyphotilapia yang sering disebut Frontosa dibedakan dan di beri nama dari wilayah asal ikan tersebut di danau tanganyika..
Beberapa jenis yang telah beredar di pehobis dan peternak kita diantaranya :
  • Burundi
  • Kingoma
  • Kapampa
  • Mpimwe
  • Moba
  • Mikula
  • Tanzania
  • Black Widow dll
Secara umum bisa di bedakan dengan melihat bar (garis melintang) pada seluruh badan dan ciri bar khusus pada muka bagian dekat mata ikan

Cyphotilapia Frontosa Burundi

Dengan ciri 6 bar di mukanya terdapat bar yang melintang dari atas kepala lurus kebawah seperti codetan melewati bagian muka. Dan benjolan di kepala dan ukuran lebih bear dari jenis yang lainnya

Cyphotilapia Frontosa Kingoma

Dengan ciri memiliki 7 bar dan sirip atas rada kekuningan.

Cyphotilapia Gibberosa Kapampa

Gibberosa adalah istilah yang baru di populerkan skitar th 2003, ini untuk membedakan spesies, biasanya lebih ke yang memiliki warna biru. Sebutan lain untuk spesies ini juga sering di kelompokkan ke dalam Blue Zaire. Diantaranya yang berasal dari Kitumba, Kapampa, Moba, Mikula, Tempwe, Morilo dll.
Ciri secara khusus kapampa dapat di lihat dari bar yang hampir mirip dengan mikula, seperti memakai jambang/godeg rada tegas mengarah sedikit kebawah.

Cyphotilapia Gibberosa Mpimwe

Memiliki ciri khusus bar di bagian muka/di sekitar mata, cendrung hitam melingkar di seputar mata atau berupa bar melintang horizontal dari mata ke depan arah moncong, dan di bagian benjolan di kepala cendrung berwarna biru sirip kepala lebih bercorak khusu satu warna tampa terkena oleh warna glap bar seperti jenis yang lain. Memiliki warna biru yang tidak stabil, terkadang bisa menjadi hambar sesuai mood dan kondisi ikan terhadap lingkungan, parameter air dan birahi.

Cyphotilapia Gibberosa Moba

Memiliki bar di muka bagian kiri dan kanan, simetris hampir seperti segitiga menutupi sebagian kepalanya yang rada menonjol. si bule sering memaka istilah Zorro Mask (Topeng Zorro). Dengan warna biru yang lebih kental malah lebih mendekati ke warna ungu.

Ciphotilapia Gibberosa Mikula

Memiliki bar di muka bagian pipi dwngan simetris hampir sama seperti ciri dari kapampa dan moba cuman ujung dari godeg/yang menyerupai jambang mengarah kebawah lebih cendrung lancip di bagian ujung bawah.
Memiliki warna biru yang lebih ke unguan dengan kestabilan warna lbih baik. Jenis Gibberosa atau blue zaire ini sperti moba, mpimwe, kapampa, mikula dan lain lain semua berwarna biru, makanya sya tidak menjadikan biru sebagai tolak ukur untuk jenis ini.

Cyphotilapia Frontosa Black Widow

Ini merupakan salah satu jenis frontosa yang unik, yang sering di sebut gagal belang di karenakan kerusakan gen faktor lain lain, ciri khusus tekstur sangat gampang si ketahui dengan belang yang tidak beraturan yang terkadang bulat bulat seperti panda, malah ada yang hampir hilang warna marking hitamnya, terkadang juga sering di sebut Platinum, tentunya sangat jarang untuk bisa mendapatkannya.. Karna kemungkinan akan sangat sesikit dan karang untuk hasil minim marking.
Selanjutnya dapat di lihat dan perbandingan tiap jenis dari foto lampiran di bawah.

by Uda Hexa

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membedakan Ikan Cichlid Jenis Cyphotilapia Frontosa

0 komentar:

Posting Komentar