Kamis, 29 November 2018

Tips Merawat Bunga Anggrek Cattleya

lengkap - Dalam dunia tanaman ada istilah orchid the queen of flower(ratu dari bunga) nah itu didunia tanaman anggrek kesayangan kita adalah ratu dari bunga-bunga yang lain, dalam lingkungan anggrek sendarii juga ada ratunya, “The Queen Of Orchid” (Ratu Bunga Anggrak), Siapakah dia "CATTLEYA".

Jagan takut jagn ragu pelihara caty angrek ini sangat mudah prawatannya dan mempunyai daun yang tebal dan lebar. bunganya yang cantik bisa diameter kisaran 14cm makin juga ada yang lebih besar , ragam warna yang cantik menambah pesona si caty ,sekarang sudah banyak penjual yang mngembangkan caty hibrid melalui kultur jaringan, caty spesies maupun hibrid sama-sama cantik (tergantung kesukaan).

Caty tumbuh horisontal, caty juga sama dengan dendario masuk golongan berbatang simpodial, itu sedikit pembukaan kita langsung keperawatan sederhana mudah dipahmi dan menarik, semoga panduan ini bisa menambah referensi buat teman-teman pecinta Bunga Anggrek.

Pembelian Online

Seperti biasa setelah datang dari perjalanan siapkan air sesuai banyaknya caty yang dibeli, beli 10 ,isi bak dengan air setingga akar caty campur 3 tetes b1 start (ditoko pertnian ada) mencegah stres perjalanan dan perangsang akar baru dan tunas, rendam slam 20menit angkat kemudian angin-anginkan selama 30menit, tanam di media pot tanah lebih bagus pot plastik tak masalah, saat dikirim knop atau berbunga kita harus lebih dalam pemantawan ,kenapa? karena saat caty baru datang si caty akan fokus akar baru saat dikirim kadaan spike, knop/berbunga, si caty harus memecah konsentrsinya ,menumbuhkan akar dan melanjutkan pembungaanya, dilihat beberapa hari, kalau si caty semakin kurus sedangkan bunga tetep memanjang maka potonglah bunga, itu menandakan si caty tdk mampu mensuplai ke duanya sehingga caty merelakan vitamin yang ada dibatang terserap terfokus kebunga, kalau dibiarkan caty akan mati, karena batang yang semakin kurus, kalau bunga dipotong si caty akan fokus pada penumbuhan akar dan menyehatkan batang, tanpa terbagi kepembungaan, tingal pilih, caty berbunga lalu mati, apa bunga dipotong agar caty sehat kemudia caty berbunga.

Media Tanam

Saran dari saya, gunanakn arang kayu atau cacah pakis, dikarenakan mencegah pembusukan pada akar, ketika kita kebanyakan dalam melakukan penyiraman, akar caty akan menempel kuat pada arang dan pakis dengan baik (cocok).

Penyiraman

Sama seperti penjelasan sebelumnya penyiraman harap disprey halus khususnya pada akar. terkena daun tak masalah jika terkena daun, karena caty memiliki daun yang tebal, lakukan penyiraman 2x sehari pagi sebelum jam 6.30-8.30 sore jam 3- 4.30. Jika dari pagi mendung 1x penyiraman saja. Jangan dihujankan terlebih dahulu biar tidak busuk akarnya

Kelembapan

Ada faktor ini pada caty kita dibawah paranet/jaring ,plastik UV lebih cocok karena kelembapan bisa terjaga maksimal, bagi yang tidak punya seperti itu tidak masalah, letakkan saja di teras rumah, dekat sumur dll. yang sekiranya tidak terlalu full terkena sinar matahari yang penting dijaga kelembapannya. Bisa juga memanfaatkan lahan disekitar belakang rumah dan dekat sumur penyinaran hanya pemantulan sinar/dibawah genteng.

Kesabaran

Ingat caty bukan dendario yang lebih rajin bunga ,utamakan si caty tumbuh akar sehat terlebih dahulu setelah itu ke penanganan selanjutnya, kalau kita fokus kebunga, anggrek munkin bisa bunga tapi resikonya anggrek akan kurus lalu mati karena akar belum jalan/hidup.

Penyinaran

Hal ini penting demi kelangsungan hidup caty. Pertumbunnya caty tidak perlu mendapat peninyinaran yang lama. Ingat saat caty diletakkan ditempat terbuka dan full sinar matahari, caty ada daun yang gosong/terbakar maka segera pindahkan ketempat teduh. Caty lawas juga ada yang bisa fullsun ditempel pada pohon juga tumbuh sehat (tapi tidak semua). Kasian si caty kalau langsung full sun bisa terbakar dan mati.

Pemupukan

Hal ini sangat dibutuhkan si caty kita guna mncukupi nutrisi yang caty perlukan dalam pertumbuhan dan pembungaan setelahnya. Gunakan pupuk b1 start (beli ditoko pertanian) gunanya agar si caty tidak stres, menumbuhkan akar baru dan merangsang tunas baru. Mengunakan pupuk dengan kandungan sama tidak masalah bebas sesuai selera. Gunakan pupuk gandasil D guna kelanjutan dari b1 start gunakan seminggu spray pada akar kususnya terkena daun tidak masalah jika mau di mix dengan air cucian beras boleh, agar lebih gemuk si caty semprot hanya di akar biar tidak terjadi bintik putih seperti panu tidak sedap dipandang. Setelah kiranya caty dewsa dan siap dibungakan lakukan pemupukan 2x seminggu menggunakan pupuk gandasil b untuk merangsang bunga. Setelah si caty selesai berbunga pupuk lagi dengan gandasil d biar si caty coling down habis kerja keras (pembungaan) setelah kiranya cukup pupuk lagi dengan gandasil b dst . Ingat kelembapan harus tetap dijaga . Gunakan juga pemupukan fungi,insek,baktri bebas pupuknya sebulan sekali cukup.

Pergantian Pot

Juga perlu, jika kiranya media sudah lapuk guna menjaga kualitas si caty dan juga menjaga derajat keasamannya sangat dibutuhkan caty. Berapa lama pergantian pot disesuaikan dengan keadaan media, rimbun tanaman, perkembangn si caty kira-kira 1.5 thun keatas tapi jika usia tersebut tidak ada kendala tidak perlu diganti.

Tambahan

Split caty jika sudah terlalu rinbun agar mempercepat pembungaan.
Kita harus melihat perkmbagan pertumbuhan caty. Agar bisa mengtahui dan mencegah jika terjadj sesuatu sebelum fatal, jika ada daun menguning pada daun bagian bawah jangan panik itu tidak masalah karena si caty sedang menyerap sari yang ada di daun bagian bawah sebagai nutrisi darurat/ memang karena sudah waktunya gugur faktor usia daun caty akan sehat kembali selang beberapa hari (proses adaptsi) utamakan sehat dulu. Jika batang pohon sehat tentulah akan berbunga sehat (tidak berbunga dengan kodisi bunga kecil/mengkeret).

by Budi Vespa Endut

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Merawat Bunga Anggrek Cattleya

0 komentar:

Posting Komentar