Senin, 17 Desember 2018

Cara Mengetahui Kapan Harus Meganti Media Tanam Bunga Anggrek

himalaya - Bila melihat Plant dalam kondisi ini foto diatas menandakan kondisi media tanam sudah kurang fresh alias sudah asam yang didalamnya dapat kita lihat ada kutu putih, jamur, dan bakteri penghancur zat asam sudah kalah fighting.

Dilihat dari akar yang lama, sudah berubah warna menjadi coklat, hal itu tandanya akar sudah tidak nyaman bagi Tanaman Anggrek untuk mempertahankan kelangsungan hidup, si plant mengeluarkan tunas baru, dan akarnya seperti malas masuk ke dalam pot.

Hal tersebut terjadi dikarenakan:
Mix atau campuran media tanam, yang tidak beraturan dalam penyusunanya, melihat arang berada di atas sedangkan media cacah pakis berada di bawah, hal ini pula-lah yang menyebabkan kondisi media tanam dalam tingkat keporousannya tidak maksimal, akhirnya Oksigem tidak dapat masuk kedalam pot melalui rongga rongga udara yang cukup.

Hal yang perlu dilakukan adalah membongkar media tanam, susunlah media tanam berdasar fungsinya. Buang akar yang tidak terlihat sehat, rendam perakaran dalam fungisida terlebih dahulu, kemudian tutup bekas potongan akar dengan dioles fungisida kental atau tabur dengan serbuk kayu manis.

Adapun langkah penanaman kembali, anda bisa ikuti urutan sebagai berikut:
1. Arang dibawah,
2. akar diletakkan di atasnya
3. Timbun cacah pakis..hanya sampai batas pangkal akar dan bulbnya...
4. Biarkan tanpa penyiraman sampai 2 hari (puasa)
5. Setelah 3 hari baru dilakukan penyiraman.

by Ahmad Sapuani

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui Kapan Harus Meganti Media Tanam Bunga Anggrek

0 komentar:

Posting Komentar